MATERI Sy. LULU ASSAGAF

To Speak Without Thinking Is To Shoot Without Aun

Kiat Menghadapi MENOPAUSE

Kata “Menopause” berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata, yaitu “Men” yang berarti bulan dan “Pause/Pausis/Pauoo” yang berarti periode atau tanda berhenti. Dengan demikian maka kata Menopause berarti berhentinya masa menstruasi secara definitive yang secara linguistic lebih tepat disebut “Menocease”.

Meski kata menopause hanya mengandung arti akhir masa menstruasi, walaupun demikian dalam penggunaan secara umum menopause mempunyai makna masa transisi atau masa peralihan. Fase ini disebut dengan periode Klimakterium (climacter = tahun perubahan, pergantian tahun yang berbahaya ). Periode Klimakterium ini disebut pula sebagai Periode kritis. Hal ini disebabkan karena keluarnya hormon dari ovarium (indung telur) berkurang, masa haid menjadi tidak teratur dan kemudian lenyap sama sekali. Perubahan-perubahan dalam sistem hormonal ini mempengaruhi segenap konstitusi psikosomatis (rohani dan jasmani), sehingga berlangsung proses kemunduran. Banyaknya perubahan dan kemunduran tersebut menimbulkan krisis dalam kehidupan psikis pribadi yang bersangkutan.

Pada umumnya, menopause ini diawali dengan suatu fase pendahuluan atau fase preliminer, yang menandai suatu proses “pengakhiran”, maka muncullah tanda-tanda, antara lain :

  1. Menstruasi menjadi tidak lancar dan tidak teratur
  2. “kotoran” haid yang keluar banyak sekali, ataupun sangat sedikit
  3. Muncul gangguan-gangguan vasomotoris berupa penyempitan atau pelebaran pada pembuluh-pembuluh darah
  4. Merasa pusing disertai sakit kepala
  5. Berkeringat tiada hentinya
  6. Neuralgia atau gangguan/sakit syaraf

Semua keluhan ini disebut fenomena klimakteris, sebagai akibat dari timbulnya modifikasi atau perubahan fungsi kelenjar-kelenjar. Di samping terjadi perubahan-perubahan fisik, terjadi pula pergeseran atau erosi dalam kehidupan psikis pribadi yang bersangkutan. Pergeseran dan perubahan-perubahan ini mengakibatkan timbulnya suatu krisis dan memanifesrasikan diri dalam simptom-simptom psikologis antara lain : Depresi (kemurungan), Mudah tersinggung dan mudah marah, Mudah curiga, diliputi banyak kecemasan, insomnia atau tidak bisa tidur karena sangat bingung dan gelisah.

Menopause adalah kondisi fisiologis pada wanita yang telah memasuki proses penuaan (aging) yang ditandai dengan menurunnya kadar hormon estrogen ovarium yang sangat berperan dalam hal sexualitas. Premenopause sering menimpa wanita yang berusia menjelang 40 tahun ke atas. Menurut Depkes (1993) dan Levina (2002), Menopause adalah perdarahan terakhir dari uterus yang masih dipengaruhi oleh hormone dari otak dan sel telur.

Wanita yang mendekati menopause, produksi hormone ekstrogen, hormon progesterone dan hormone seks lainnya mulai menurun. Keadaan ini menyebabkan jarang terjadi ovulasi dan menstruasi tidak teratur, sedikit dengan jarak yang panjang. Menopause berhubungan dengan perubahan hormonal sehingga wanita mengalami perubahan status fisik dan emosional.

Menurut Kuncoro, ketika terjadi menopause akan menimbulkan gejala-gejala yang berbeda pada tiap orang, meskipun demikian, dapatlah dikatakan bahwa gejala-gejala premenopause merupakan suatu gejala yang biasa disebut sindrom menopause. Yang meliputi; ketidak teraturan siklus haid, gejolak panas (Hot Flushes), keringat di malam hari (night sweat), kekeringan vagina (dryness vaginal), penurunan daya ingat, kurang tidur (insomnia), rasa cemas (depresi).

Untuk mengatasi gejala-gejala menopause dan menghilangkan kecemasan dan kekhawatiran pada saat memasuki masa menopause adalah dengan kenali gejala-gejalanya dan atasi dengan bijak seperti yang dikemukakan oleh Purwantyastuti, antara lain;

  1. Pada umumnya wanita mengalami gejala haid tidak teratur, ketidakteraturan ini disebabkan oleh keadaan hormon yang tidak seimbang yang dapat berupa siklus haid yang lebih pendek, jarak haid yang tidak teratur atau perdarahan yang banyak yang perlu diwaspadai karena ada kemungkinan merupakan pertanda adanya suatu yang tidak beres pada tubuh, misalnya adanya tumor, kanker atau jaringan fibroid yang sering muncul menjelang menopause. Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak adanya kelainan.
  1. Munculnya gejala hot flushes dan berkeringat di malam hari dapat ditangani dengan menjalani hidup sehat dan bebas stress. Hidup sehat dengan makan, minum, istirahat dan olah raga yang cukup dan teratur. Bebas stress dilakukan dengan menjalani hidup penuh dengan ketenangan.
  1. Saat kadar estrogen menurun, maka elastisitas vagina berkurang dan mengering. Melakukan hubungan seks pun menjadi tidak  nyaman, dan vagina mudah terluka dan iritasi. Untuk mengatasinya bukan berarti wanita sudah tidak dapat lagi berhubungan seks, justru melakukan hubungan seks dengan frekuensi yang cukup dapat menghilangkan ketidaknyamanan. Misalnya; menggunakan jeli saat berhubungan. Hindari pemakaian parfum, tissue, pembalut, sabun tertentu yang akan menambah kekeringan vagina.
  1. Menjalani hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan, minuman yang sehat, olah raga teratur serta istirahat yang cukup merupakan modal bagi masa menopause yang menyenangkan, perubahan menopause akan lebih cepat atau lambat dialami. Setiap orang tidak akan mengalami kecemasan jika melaksanakan pola hidup sehat dan mengetahui perubahan yang akan terjadi bagi seseorang yang mau menjalani pre dan post menopause.

Oleh banyaknya kemajuan di bidang kedokteran, kelak kemudian hari orang bisa mengurangi kesulitan-kesulitan fisik dan psikis pada periode menopause dengan jalan memberikan “vitamin stimulans” tertentu, ataupun seorang dokter memberikan terapi dan pengobatan terhadap gejala-gejala yang ada.

Namun untuk saat ini, tidak ada jalan lain terkecuali :

  1. Wanita setengah umur ini harus mau dan bisa menerima status keadaan dirinya pada saat itu yang mulai menjadi tua
  2. Akan sangat bijaksana, apabila wanita tersebut mampu melihat segi-segi positif kehidupannya dan mengapresiasikan nilai-nilai positof dari pengalaman hidupnya.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d bloggers like this: